Rabu, 17 Februari 2010

Mengeruk Dolar dari Domain Parking

Jika Anda berkesempatan hadir di Workshop Bisnis Internet 2 Surabaya lalu, pasti istilah domain parking sudah tidak asing lagi. Sumber pencarian uang yang satu ini memang sudah dibahas tuntas, meskipun hanya bagian luarnya, oleh mas Rony. Sebagai alternatif bisnis internet, bidang ini memang untuk saat ini cukup menjanjikan. Apalagi kita tidak perlu bersusah payah untuk menulis content original. Tapi di sisi lain, sesuai dengan teori tiga elemen AdSense Quadrant (usaha, cara kerja, dan biaya), faktor usaha (untuk menulis content orisinil) digantikan oleh penggunaan tool dan banyaknya pengeluaran.Abaikan sejenak tentang tool dan pengeluaran tersebut.Yang dimaksud dengan domain parking adalah kita meletakkan / memparkirkan domain milik kita kepada pihak tertentu untuk di-monetized-kan. Domain-domain yang diparkirkan nantinya akan berisi iklan-iklan milik pihak tersebut dan seperti halnya program PPC (Pay Per Click), kita sebagai pemilik domain akan mendapatkan komisi apabila ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut.Beberapa contoh pihak penyedia domain parking antara lain Sedo, NameDrive, GoDaddy, dan Parked (ref). Bahkan Google pun sebenarnya punya layanan serupa yang dinamakan AdSense for Domain.Ada beberapa kunci utama dalam menjadi tukang parkir yang sukses:
1. Analisa keyword. Layanan domain parking yang pernah saya coba semuanya memperbolehkan pemilik domain untuk menentukan kata kunci bagi domain yang bersangkutan. Iklan yang keluar nantinya akan disesuaikan dengan kata kunci-kata kunci tersebut. Dengan demikian, kemampuan untuk memilih kata kunci yang tepat sangat diperlukan.
2. Pembuatan iklan. Acap disebut sebagai copywriting (CMIIW), karena salah satu cara untuk mendatangkan trafik ke dalam domain adalah dengan melalui iklan, maka seorang jukir juga harus memiliki kemampuan untuk menciptakan iklan yang menarik minat pembaca untuk mengkliknya.
3. Analisa biaya. Masih berhubungan dengan iklan, faktor biaya tentu harus diperhitungkan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Tehnik arbitrage merupakan salah satu pilihan untuk menekan biaya.Lalu bagaimana potensi penghasilannya? Karena bisnis ini setara dengan publisher dalam kuadran.
4 dari kuadran AdSense, maka dapat dikatakan potensi penghasilannya tidak terbatas. Well, terbatas sih, tergantung jumlah dana yang mampu Anda keluarkan untuk promosi dan membiayai tool-tool pendukung. Yang jelas, berpenghasilan hingga 5 digit dalam bisnis domain parking ini adalah hal yang biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Followers